Ubuntu Light, Ringan dan Booting Hanya 7 Detik

Ubuntu adalah distribusi Linux yang lengkap yang menyediakan semua tool yang diharapkan ada di sistem operasi desktop, termasuk web browser, office suite, komunikasi dan fitur keamanan, dan kemampuan untuk menjalankan ribuan aplikasi pihak ketiga. Tapi tidak seperti Windows, OS X, atau sistem operasi lain desktop, yang bisa memakan waktu satu menit atau lebih lama untuk boot, tergantung pada perangkat keras Anda.

Software open source Ubuntu Light ini mengambil hanya tujuh detik waktu booting – dengan uji coba menggunakan netbook Dell Inspiron Mini 10V, yang memiliki fitur yang sama dengan 1.6GHz prosesor Intel Atom N270 yang banyak ditemukan di netbook yang dirilis di tahun 2008 dan 2009. Apa yang membedakan Ubuntu Light dari Ubuntu adalah Canonical yang mendesain Ubuntu Light menjadi sistem operasi yang memiliki waktu booting cepat. Bersamaan dengan Splashtop, hyperspace, ringan dan distribusi Linux lainnya di space Ubuntu ini. Hal ini tidak dimaksudkan untuk sepenuhnya menggantikan sistem operasi utama Anda. Sebaliknya, Anda dapat sesuai pada sistem dual boot, sehingga Anda memiliki pilihan untuk loading web browser Anda hanya dalam beberapa detik, atau loading system operasi di desktop dengan resource sesuai kebutuhan.

Berikut adalah salah satu hal yang paling penting yang harus tahu tentang Ubuntu Light yakni system operasi tersebut tidak mendukung untuk penambahan atau penghapusan program. Ini yang menjadi alasan mengapa sistem operasi dapat dimulai dengan cepat. Juga tidak ada dukungan untuk manajemen file.

Untuk Ubuntu Light, Canonical mendesainn ulang antarmuka pengguna untuk fokus terutama pada aplikasi yang dijalankan paling sering, seperti web browser, email, dan mungkin beberapa aplikasi lainnya. Antarmuka baru itu disebut Unity, dan pada dasarnya memiliki dock aplikasi di sisi layar dan sebuah panel di atas. Dalam sebuah posting blog, pendiri Canonical, Mark Shuttleworth mengatakan bahwa dock aplikasi dan panel dapat menghemat space daripada program full screen yang digunakan untuk Ubuntu Netbook edition. Tujuan utama penggunaan interface Unity juga akan diimplementasikan di Ubuntu Netbook Remix di Ubuntu 10.10 yang akan dirilis Oktober mendatang.

Ubuntu Light akan hadir dalam versi desktop dan netbook. Ide utamanya adalah bobot yang ringan, booting yang cepapt sehingga dapat load system operasi lainnya seperti dengan Windows atau lainnya. Canonical mengatakan Ubuntu Light hadir masih dalam versi OEM, namun belum diketahui kapan versi installable-nya akan hadir.(h_n)
dikutip dari : beritanet.com

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: