Contoh Laporan Tugas Remastering

BAB I
PEMBUKAAN
A. Latar belakang Masalah
Pada saat ini komputer menjadi sebuah teknologi yang begitu pesat berkembang dan membumi, hampir semua komponen kehidupan menggunakan teknologi yang satu ini, mulai dari masyarakat golongan rendah sampai masyarakat tingkat atas, dan modelnya pun bervariasi mulai dari yang biasa – biasa saja hingga yang unik dan hanya bias dimiliki oleh golongan tertentu. Disisi lain komputer tidak akan bisa dioperasikan tanpa sebuah sistem operasi.
Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak yang menjembatani atau menghubungkan antara pengguna (user) dengan hardware sekaligus berfungsi sebagai pengelola sumber daya sistem komputer yang ada. Pada saat ini sudah berkembang berbagai macam sistem operasi baik yang bersifat open source ataupun yang non open source atau dikomersilkan, dan kini sedang marak – maraknya disosialisasikan tentang go openc source atau bermigrasi ke sistem operasi yang tidak berbayar yang dipelopori oleh linux, dan dari sekian banyak linux salah satunya adalah mandriva.
Oleh karena itu penguasaan seputar linux menjadi sebuah hal yang sangat penting mulai dari instalasi hingga cara pemakaian yang efektif dan efesien bahkan hingga pengembangan distro sesuai keinginan atau yang sering disebut remastering.

B. Batasan Masalah
Linux sendiri sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat dari waktu kewaktu, mulai dari unix hingga sekarang ribuan bahkan jutaan varian linux sudah beredar didunia.
Linux sebagai salah satu Sistem Operasi yang bersifat open source artinya bebas untuk dicopy, dikembangkan dan didistribusikan kembali
Maka disini penulis ingin sedikit mengulas kembali cara melakukan remastering yang saat ini sudah tidak asing lagi dilingkungan penguna Linux, untuk kali ini akan dibahas remastering pada Linux varian Mandriva.

C. Tujuan Yang Ingin Dicapai
Dalam makalah ini penulis ingin mengulasnya dengan dilengkapi gambar step by step dengan tujuan agar dapat membantu proses remastering bagi para pemula, walaupun mungkin belum pernah melakukan remastering sebelumnya tapi dengan dipandu secara lengkap dan bergambar step by step diharapkan pengguna bisa melakukan secara otodidak cukup dengan melihat panduan ini.

D. Sistematika Penulisan
Dalam penyelesaian penyusunan makalah ini penulis menggunakan study kepustakaan, yaitu penulis mencari buku-buku yang berhubungan dengan instalasi linux open suse dan juga dilengkapi dengan artikel – artikel dari berbagai situs yang dapat menambah wawasan kita dan juga diiringi oleh praktek walaupun masih ada beberapa kegagalan.

BAB II
LINUX DAN PERKEMBANGANYA SEBAGAI SEBUAH SISTEM OPERASI

A. Pengenalan singkat tentang Mandriva

Mandriva adalah salah satu varian linux yang dikembangkan oleh para pecinta linux, mandriva berkembang layaknya varian linux yang lainnya dan dengan perkembangan yang ada Mandriva saat ini sudah memiliki tampilan yang tidak kalah menarik dibanding yang lainnya. sebenarnya sangat mudah, hanya mengikuti wizard dan sudah bisa langsung digunakan.
B. Cara Remastering Mandriva
Dengan tampilannya yang sudah bagus maka cara remastering juga sudah lebih mudah dibandingkan generasi – generasi sebelumnya.
Berikut langkah – langkahnya dilengkapi dengan gambar :

Dalam tutorial kali ini Anda akan dipandu untuk membuat remastering atau turunan dari distribusi linux Mandriva 2010. Caranya mudah dan simple, baik untuk pemula maupun mahir. Dengan mengikuti tutorial ini Anda dapat membuat versi lain dari Mandriva yang fully customize atau sesuai dengan keinginan Anda.
1. Siapkan CD MCNLive Kris Beta 1 atau yang lebih baru. (Bisa didownload di: ftp://ftp.nluug.nl/pub/os/Linux/distr/mandrakeclubnl/mcnlive/Kris/) MCNLive adalah distro live cd turunan dari Mandriva 2010. Disini tidak langsung menggunakan mandriva aslinya dengan pertimbangan mcnlive sudah merupakan distro turunan mandriva 2010, tools untuk remastering sudah siap pakai, versi kernel dan desktop KDEnya lebih baru dari versi mandriva standar, dan yang utama ukuran isonya kecil hanya 380an megabyte, sehingga diharapkan file hasil remasteringnya juga kecil. Dengan semua kelebihan itu diharapkan proses pembelajaran kita lebih cepat dan hemat waktu, tidak perlu memulai dari nol
Berikut info detail versi kernel dan KDE yang digunakan di mcnlive
[root@localhost live]# uname -ar
Linux localhost 2.6.31.12-desktop586-1mnb #1 SMP Tue Jan 26 02:59:40 EST 2010 i686 Intel(R) Core(TM)2 Duo CPU E7400 @ 2.80GHz GNU/Linux
[root@localhost live]# kded4 –version
Qt: 4.5.3
KDE: 4.3.2 (KDE 4.3.2)
KDE Daemon: $Id: kded.cpp 944898 2009-03-26 13:01:25Z dfaure $
2. Boot ke dalam mcnlive, lalu install ke dalam pc
3. Restart komputer, masuk ke mcn yang sudah terinstall didalam pc. default user: live, password: live. untuk password root = root.
4. Tampilan mcnlive yang sudah terpasang di PC:

5. Silahkan Anda modif mcn yang telah terinstall sesuai dengan keinginan Anda , yang nantinya akan kita paketkan kedalam iso. Semisal ganti wallpapernya, tambah / kurangin program2 nya, dsb. Contoh buat praktek disini kita ubah wallpapernya menjadi warna merah. ubah wallpaper Folder View Settings > Appearance > Type > Color | Red > Apply > OK
6. Sudah selesai modif-modif nya? OK lanjutkan ke proses remastering yang utama.. buka konsole
7. jadi root dengan perintah su
[live@localhost ~]$ su
Password:
[root@localhost live]#
8. Perintah remaster adalah mkhotmedia
[root@localhost live]# mkhotmedia –help
/usr/sbin/mkhotmedia: illegal option — –
Usage: /usr/sbin/mkhotmedia -o [options]
Possible options:
-o : output file
-t : temporary directory
-r : the source root
-l

13. Remastering sudah selesai

BAB III
PENUTUP

Demikian makalah ini kami buat sebagai tugas dari mata kuliah praktikum Sistem Operasi, semoga bermanfaat terutama bagi penulis sendiri. Dan jika ada kesalahan dan kekurangan penulis memohon maaf yang sebesar besarnya.

Condong Catur, 03 Mei 2010

Maksum Rois Adin Saf
09.11.2680

Daftar Pusaka :
1) Majalah Info Linux Edisi 03/2007
2) http://mandriva-user.or.id
3) ftp://ftp.nluug.nl/pub/os/Linux/distr/mandrakeclubnl
4) http ://gudanglinux.com
5) http ://www.wikipedia.org

One Comment to “Contoh Laporan Tugas Remastering”

  1. bisa minta tutorial lengkapnya ga??
    soalnya saya jg ada tugas remastering linux ni..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: