Untuk merancang database dimulai dari pembuatan Entity Relational Diagram (ERD), ERD adalah pemodelan data utama yang membantu mengorganisasikan data dalam suatu proyek ke dalam entitas-entitas dan menentukan hubungan antar entitas. Adapun penjelasannya sbb :
 Entitas/Entity adalah suatu tempat atau objek untuk menyimpan data. Contoh: Entitas buku untuk menyimpan atribut mengenai buku (judul buku, kode buku, pengarang, dsb). Entity digambarkan dengan Persegi dalam ERD.
 Relasi/Relationship adalah hubungan yang terjadi antara entitas atau lebih. Contoh: Entitas buku dan Entitas Pengarang memiliki hubungan “ditulis”, yang artinya, pengarang menulis buku, dan buku ditulis pengarang. Selain itu, terdapat relasi “one to one”, “one to many”, dan “many to many” dalam entity. Relasi ini digambarkan dengan garis dalam ERD.
 Atribut/Attribute adalah ciri umum semua entitas atau semua yang ada dalam entitas. Contoh: Entitas pengarang memiliki atribut nama, alamat, no telpon, dsb. Atribut digambarkan dengan lingkaran memanjang dalam ERD tapi jarang sekali dalam ERD atribut ikut digambarkan. Atribut juga sering disebut dengan field atau kolom dalam suatu ERD.

Aturan – Aturan Rental Komik (Asumsi Lazim) :
1. Jika ingin menyewa harus menjadi Anggota terlebih dahulu
2. Pendaftaran menjadi anggota melampirkan photocopy Identitas Jelas
3. Setiap Penyewaan maksimal 3 komik
4. Waktu penyewaan 2 hari/komik
5. Anggota belum boleh meminjam lagi jika masih memiliki tanggungan
6. Peminjaman tidak menggunakan jaminan
7. Harga sewa sesuai judul komik
8. Harga denda keterlambatan peminjaman Rp.100 perhari

Iklan