Sejarah EURO

Semarak semangat sepak bola kembali bergema akhir-akhir ini… hal ini karena semakin dekatnya penyelenggaraan liga eropa atau yang sering disebut euro 2012, berbagai iklan baik media cetak maupun elektronik mengangkat tema seputar euro untuk mendongkrak produk mereka.

Walaupun euro adalah liga eropa yang hanya diikuti oleh negara-negara eropa saja, tetapi demam uero menjarah hampir diseluruh negeri termasuk indonesia, ini mungkin karena kualitas liga yang bagus dan banyak pemain2 kelas dunia yang biasa tampil di klub – klub besar yang memiliki fans di seluruh dunia bermain di liga eropa ini untuk membela negara mereka. Bagaimana sih sejarah euro sehingga bisa seperti saat ini??

Awalnya bermula dari ide sederhana Sekretaris Federasi Sepakbola Prancis (FFF) yang bernama Henri Delaunay nih kawan pada tahun 1927. Kala itu, Delaunay ingin sekali memperbanyak warna pertandingan antar negara-negara di Eropa dengan menggelar kejuaraan antar negara di Eropa. Namun sangat disayangkan karena ide tersebut nggak di konfirmasi oleh UEFA (persatuan sepak bola Eropa). UEFA malah menggelar kompetisi antar klub Eropa yang sering disebut dengan Piala Champions mulai tahun 1954. Yahh!

Hal tersebut membuat Delaunay kecewa, sontak dia jatuh sakit dan meninggal dunia pada November 1955. Setelah meninggalnya sesepuh sepak bola itu, tepat di kongres UEFA pada tahun 1957, mereka baru mengkonfirmasi ide lawas Delaunay itu. Horeee! Sebagai bentuk penghormatan kepada Delaunay pun UEFA memilih Perancis sebagai tuan rumah pertama diselenggarakannya Piala Eropa ini pada tahun 1960. Di Piala Eropa pertama ini, Negara Uni Soviet yang kini berubah menjadi Rusia keluar sebagai pemenangnya setelah mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2-1. Nice!

Kemudian setelah itu, baru UEFA menyelenggarakan turnament ini selama empat tahun sekali. Karena itulah turnamen ini menjadi turnamen yang bergengsi dan paling ditunggu-tunggu oleh para footballafers diseluruh penjuru dunia. Wow! Tentunya kalau dilihat dari awal digelar, pasti sudah banyak negara yang merasakan jadi tuan rumah di turnament tersebut dong. Adapun negara-negara Eropa yang menjadi tuan rumah di turnament ini. Diantaranya ada Spanyol (1964), Italia (1968). Di tahun ini perkembangan Piala Eropa mulai terlihat. Hal itu dibuktikan dari banyaknya negara-negara di Eropa yang join di turnament tersebut sebanyak 31 tim. Turnamen berikutnya Piala Eropa di adakan di Belgia (1972), Yugoslavia (1976), Italia (1980), Perancis (1984), Jerman Barat (1988). Di sini juga ada hal yang mengagumkan yang terjadi. Dimana saat final antara Belanda dan Uni Soviet, Marco Van Basten mampu mencetak gol spektakuler melalui tendangan volinya dari sisi sayap kanan dan melesat ke gawang melewati penjaga gawang. Incredible! Berikutnya beralih ke Swedia (1992), Inggris (1996), Belanda dan Jerman (2000). Di tahun ini adalah pertama kalinya UEFA menyelenggarakan Piala Eropa dengan tuan rumah dua negara sekaligus loh kawan. Kemudian empat tahun berikutnya di adakan di Portugal (2004), Austria dan Swiss (2008).

Ditahun 2012 ini Polandia dan Ukraina akan kebagian merasakan sibuknya menjadi tuan rumah Piala Eropa ini nih. Tepatnya pada tanggal 8 Juni nanti hingga 1 Juli mendatang Piala Eropa akan segera bisa di nikmati oleh para penggila bola di seluruh penjuru negara di dunia. Yee!

Kira-kira siapa ya pemenangnya di turnamen ini? Hayo kawan remaja menjagokan siapa nih. Ya semoga tim yang kalian unggulkan bisa menjadi juaranya deh. Tapi jangan terlalu alay ya mendukungnya. Jangan sampai melupakan tim sepak bola Indonesia juga loh kawan. Gol…Gol..Gol! Ole…Ole…Ole!

sumber : here

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: