“(Bayar Pendaftaran Ke BNI untuk dapet Username dan Password > Isi Formulir Pendaftaran Secara Online > Ikut Tes TPA dan ACEPT > Menyerahkan Berkas ke DAA > Ikut Tes tingkat Fakultas > Menunggu Pegumuman)”.

Proses Pertama tentu adalah mencari informasi pendaftaran, baik dari waktu, prosedur, persyaratan, dan lain-lain.. semua itu bisa didapatkan di www.um.ugm.ac.id, setelah sekian lama menimbang, beristikharah, berkonsultasi dengan semua pihak akhrinya ane yakin untuk “mencoba” mendaftarkan diri ke S2 Magister Teknologi Informasi, walaupun dulu pas masih kuliah S1 pernah berencana untuk nerusin S2 Magister Manajemen kwkwk, sementara itu jadi mimpi yang tertunda dulu.. 😀 #Tepok Jidat. Oya diatas ana bilang mencoba karena emang waktu itu sedang ada beberapa hal yang terjadi dalam keluarga dan sangat mempengaruhi suasana, hasil istikharah dan perenungan saat itu sampe pada kesimpulan :

Jika ane lulus Semua Seleksi berarti Allah mengizinkan ane untuk terus kuliah dan menetap di Djogja, tapi kalau belum lolos maka ane akan pulang ke Riau dan menjalankan Planing ‘B’. “

Akhirnya.. Selasa, 6 November 2012 ane menuju Bank BNI Capem UPN Condong Catur untuk membayar Uang Pendaftaran S2 Reguler Sebesar Rp. 500.000, serta Pendaftaran AcEPT dan PAPS masing-masing Rp. 125.000. Dari slip Pembayaran inilah “password” untuk masing-masing item didapat. oya.. proses pembayaran cukup simple kita tinggal datang ke teller dan bilang mau bayar bla bla bla.. dan teller akan minta tanggal lahir kita, yang akan dijadikan username, kasih duitnya dan beres deh pembayaran..

bukti pembayaran Pendaftaran UGM
bukti pembayaran Pendaftaran S2 UGM dari Bank BNI

Setelah mendapatkan username dan password, saatnya pendaftaran online.. untuk link pendaftaran online yang kemaren udah gak bisa dibuka, yang pasti linknya bisa didapatkan di www.um.ugm.ac.id, dan jangan lupa diisi sebaik mungkin, untuk bagian score AcEPT ataupun PAPS mungkin bisa dikosongin jika emang belum pernah ikut tes tersebut, ntar tinggal lapor ke DAA setelah punya score keduanya. PENTING : Setelah mengisi lengkap langsung di print atau di save page as di komputer, karena ketika masa pendaftaran usai biasanya udah gak bisa login, dan kejadian ama ane kemaren, ketika mau ngumpulin berkas ke DAA print out formulir online ini hilang dan filenya juga hilang, untungnya masih bisa di urus ke DAA.

Ups ada yang lupa.. selain melakukan pendaftaran online, kemaren juga diminta mengisi formulir online yang dari fakultas, bedanya kalau yang pendaftaran online tadi urusannya ke DAA dan disana diminta milih “program study”, kalau formulir online yang ini urusannya ke Prodi dan pengisian datanya detail sampe ke konsentrasi apa yang akan diambil, dll.

Tes AcEPT dan PAPS, sebetulnya ketika kita daftar dengan biaya 500.000 itu sudah masuk satu paket ujian AcEPT dan PAPS, dan hasilnya (terutama PAPS) akan menentukan lulus atau tidaknya calon pendaftar, karena bingung apa itu, dan bagaimana tes yang dua itu, kemaren ane berinisiatif untuk ikut ujian rutin yang telah di jadwalkan oleh DAA, hitung-hitung untuk pengenalan dan pengalaman untung-untung dapet skor yang bagus, hehe.

sedikit info, AcEPT itu singkatan dari Academic English Proficiency Test, adalah test kemampuan bahasa Inggris yang digunakan untuk masuk ke UGM, model soal dan tingkat kesulitan berbeda dengan TOEFL , untuk info lengkapnya mengenai scoring dll mungkin bisa langsung kunjungi website DAA UGM. Sedangkan PAPS adalah Tes Potensi Akademik Pascasarjana, sedikit berbeda dengan psicotest, info lengkap mungkin bisa googling.. 😀 😛

Kemaren, pertama ane ikut Test PAPS dan AcEPT Rutin pada tanggal 14 November 2012, test PAPS di Auditorium Fak. Kehutanan sedangkan test AcEPT di Gedung 1 Fak. Hukum, Hasilnya gimana? Alhamdulillah PAPS dapet skor : 567, sedangkan syarat S2 itu minimal 500, berarti memenuhi syarat, tanpa fikir panjang ane pun lapor ke DAA sehingga sebelum test resmi S2 dilaksanakan ane dah lolos tes yang satu ini. AcEPT nya gimana?? Alhamdulillah baru dapet skor : 193, dan itu belum memenuhi jumlah minimal, hingga ane pun harus ikut test AcEPT yang kedua (yang resmi bawaan pendaftaran S2) dan ternyata hasilnya belum lebih baik dari yang sebelumnya, sehingga ane diberi waktu 1 tahun untuk memperbaiki skor tersebut. Semoga segera ada waktu untuk test AcEPT dan dapet hasil yang memenuhi minimum required.. aamiin.. 😀

Contoh Kartu Ujian PAPS dan AcEPT, dibawa saat ujian. diprint setelah daftar online
Contoh Kartu Ujian PAPS dan AcEPT, dibawa saat ujian. diprint setelah daftar online
Nomer Meja ketika Ikut Ujian AcEPT yang Paket Pendaftraran S2, #ASK : Kok sempet2nya dibawa pulang.. haha
Nomer Meja ketika Ikut Ujian AcEPT yang Paket Pendaftraran S2, #ASK : Kok sempet2nya dibawa pulang??.. haha
Contoh Setifikat PAPS
Contoh Sertifikat PAPS : Skor ada dibawah
Contoh Sertifikat AcEPT
Contoh Sertifikat AcEPT ; Sama persis dengan Sertifikat PAPS

Ada yang lupa, gimana proses pendaftaran AcEPT dan PAPS ini? caranya kita cukup ke Bank BNI dan kasih uang Rp. 125.000 ke teller dan bilang bayar AcEPT/PAPS, ntar dari slip pembayaran kita dapat username dan password untuk daftar secara online. gampang bukan??

Slip pembayaran AcEPT
Contoh Slip pembayaran AcEPT

Proses Selanjutnya itu pengumpulan berkas ke DAA, Ada beberapa berkas yang dikumpulin, kalau gak salah : [1] Print Out Pendaftaran Online, buruan print begitu habis mendaftar menghindari error database ataupun out date seperti yang ane alami kemaren.. 😀 [2] Photocopy Ijazah S1 dan Transkip, Pahamlah.. [3] Surat izin dari tempat kerja, formnya download dari webnya DAA, tinggal isi data, ane kemaren pake surat izin dari SMPIT Baitussalam karena kebetulan sejak sebelum wisudah S1 dah ngajar disana.. [4] Surat Kelayakan Study dari 2 Tokoh, Dosen atau pun Atasan, ane kemaren minta ke Prof. Dr. Mohammad Suyanto, MM., Ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta dan kebetulan ketemu langsung sama beliau sempat diskusi karena emang udah kenal walaupun ga akrab – akrab banget, dan yang lucunya pena ane macet sampe di pinjamin penanya prof. yanto tuk ngisi tu formulir. Surat kelayakan yang kedua ane minta ke Pak. Sudarmawan, MT., Ketua Jurusan S1 Teknik Informatika AMIKOM, gak akrab tapi kayaknya beliau kenal ane, karena beberapa minggu sebelumnya ane dapet predikat Wisudawan Terbaik Jurusan TI, jadi beliau masih ingat.. 😀 #nggaya dikit.. kwkwk berkas yang lain ane lupa.. ada proyeksi keinginan, dll..  😀 kayaknya masih ada sih print outnya.. semoga ntar sempat tuk nyecan biar bisa di upload disini.. 😀

Hingga akhrinya pada tanggal, 11 Desember 2012 ada SMS Masuk yang berbunyi

” Informasi Tes Seleksi Mahasiswa Baru tahun Akademik 2012/2 Prodi S2 Teknik Elektro dapat dilihat di http://pasca.te.ugm.ac.id – Pasca TE UTM(noreply)- “

dan setelah dibuka, ane temukan pengumuman berbunyi :

Pengumuman Ujian Masuk Tingkat Fakultas
Pengumuman Ujian Masuk Tingkat Fakultas

Senin, 17 Desember 2012 Ujian Masuk tingkat Fakultas, kabar yang ane terima hasil ujian ini akan menentukan apakah harus matrikulasi atau tidak nantinya, mengingat biaya matrikulasi yang lumayan (2,5 jt). anepun mulai belajar sejak beberapa hari sebelumnya, materi-materi lama waktu  kuliah S1 ane bukain, mulai dari cara menghitung IP adress, konversi Desimal ke Binner, sampe ke materi DFD, UML, Flowchart dll, bahkan ane sempat menghubungi temen yang di UGM untuk cari materi S1 TI disana, sayangnya dia jurusan Psikologi so belum bisa membantu  banyak…

Jam 11 ane berangkat dari rumah, sampe sana mampir dulu kemasjid sholat, dan dengan tenang masuk ke ruang ujian, Oya, tadi sebelum berangkat ane sempat ngeprint materi semester 6 dulu  dan ane baca-baca lagi sebelum masuk, dan treng teng… ternyata, justru materi-materi dasar (Semester 1 -3) yang banyak diujikan, seperti konversi binner, IP Address dan kawan-kawan. 30 soal Pilihan ganda dan 4 Essay kalau gak salah, essaynya diminta membuat sebuah function dengan bahasa pemrograman yang kita bisa dan membuat flowchart (itu yang ane inget). Alhamdulillah ane cukup optimis dengan jawaban ane, dan Alhamdulillah sesuai yang diharapkan.. Ane lulus tanpa matrikulasi.. Alhamdulillah… 🙂

Selesai Ujian.. Saatnya Nunggu Hasil.. di bilang di web minggu pertama bulan Januari 2013, so hampir tiap hari minggu pertama itu ane buka www.um.ugm.ac.id tuk memantau.. 😀 hingga muncul lah hasil yang di inginkan..

Pengumuman yang di tunggu-tunggu akhirnya Muncul Juga.. :D  Alhamdulllah..
Pengumuman yang di tunggu-tunggu akhirnya Muncul Juga.. 😀
Alhamdulllah..

Semoga Tulisan Singkat ini bisa memberi informasi yang dibutuhkan, dan proses selanjutnya adalah proses Daftar Ulang..

Iklan