Yeah, Finally I Passed AcEPT MSR

Alhamdulillah.. Akhirnya, Hasil ujian AcEPT ketiga ku diumumkan, dan hasilnya bisa memenuhi target yang ku inginkan. sebagaimana yang kita tau, AcEPT itu jadi syarat Masuk Pascasarjana di UGM, walaupun mungkin syarat itu tidak harus terpenuhi diawal, seperti yang ane alami (curcol😀 )
image


Berdasarkan apa yang ane alami, ane menyimpulkan bahwa salah satu kunci sukses dalam ujian AcEPT adalah “Kepercayaan Diri”, mengapa saya katakan begitu?

[1]. Sebelum memulai ujian, kita akan mendapatkan banyak informasi yang mengatakan bahwa AcEPT itu sulit, buktinya banyak yang ujian berkali-kali belum berhasil,

[2]. Ketika kita mencoba sekali atau dua kali ujian, dan hasilnya belum sesuai harapan, bisa membuat kita semakin percaya bahwa AcEPT itu “sulit”,

[3]. Salah satu yang perlu diperhatikan saat ujian AcEPT adalah manajemen waktu, karena terbatasnya waktu untuk mengerjakan soal yang ada, sedangkan jawaban yang disediakan banyak yang mirip, tanpa kepercayaan diri yang cukup hal ini bisa membuat kita terlalu berfikir lama dan akhirnya kekurangan waktu.

Now, Bagaimana biar rasa “percaya diri” itu bisa dimunculkan saat menghadapi ujian AcEPT? kalau yang ane lakukan :

1. Belajar dari modul worksop AcEPT yang banyak diselenggarakan oleh organisasi di UGM, kebetulan saya pribadi tidak sampai ikut workshop/pelatihannya, tapi saya minjam punya mbak ayu (teman sekelas). apa ada soal yang sama? Jawabannya, sama sekali  tidak, karena kebetulan modul yang saya baca modul beberapa tahun yang lalu, sedangkan soal AcEPT sudah mengalami pembaruan sedemikian rupa. Tetapi bentuk soal dan tingkat kesulitan yang ada tetap tidak jauh berbeda, jadi setidaknya saya bisa banyak mempelajari hal itu.

2. Belajar Online, banyak web, blog, dll yang menyediakan banyak contoh soal, tetapi dari dua kali ujian sebelumnya saya belum menemukan yang bagus, karena hampir contoh-c0ntoh yang disediakan adalah contoh soal lama. bahkan ada juga yang menyediakan simulasi ujian online, tetapi itu rangkaian dari kursus online yang ada diweb tersebut. Mana yang saya pakai? Menjelang ujian yang ketiga ini saya menemukan sebuah fans page facebook yang menurut saya layak untuk di pelototi timeline nya, (bukan promosi lho).  karena disana banyak contoh soal serta pembahasan yang ada disana. penasaran? Klik disini untuk membuka fanspage nya.. 

3. Cari sumber asli materi reading dan composition, jika kita sudah mendapatkan contoh soal, pada bagian reading dan composition kita bisa coba googling dengan kata kunci paragrap pertama dari bacaan itu. its work! hampir semua materi bacaan yang ada kita bisa temukan sumber aslinya. Apa untungnya? whats next? Tentu kita akan lebih mudah memahami bacaan dari sumber aslinya, ataupun kalau kita mau translate pake tools akan semakin lengkap. Untuk soal meyususn paragraph (composition), dengan cara ini tentu dengan mudah kita akan tau bagaimana susunan yang benar untu soal yang ada.

4. Perbanyak baca Paper Ilmiah berbahasa Inggris. Untuk yang ini saya sendiri sebetulnya melakukannya karena dipaksa keadaan.. (curcol maning :-D) selama hampir setahun kuliah, banyak pelajaran yang memaksa untuk baca jurnal-jurnal internasiona, karena memang itu yang harus dilakukan. yang paling banyak saya pernah mempelajari sekitar 150 an paper berbahasa Inggris waktu kurang dari 4 hari, tentu tidak saya baca secara detail.. dan dampaknya hal ini sangat membantu dalam ujian AcEPT, selain butuh kecepatan memahami bahasa Inggris tapi juga materi bacaan yang ada banyak dari jurnal ilmiah.

5. Berdoa dan Minta Doa. Ini hal yang sangat penting menurut saya, saya pribadi sebelum ujian menghubungi ibu, dan orang-orang terdekat untuk meminta doa agar diberi kelancaran dan hasil yang maksimal.

6. Tenang dan Tanpa Beban, saat ujian berlangsung jangan fikirkan target skor yang harus dicapai, atau jumlah soal yang harus dijawab agar waktunya cukup, dan hal-hal lain yang bisa membuat kita terbebani dan tidak bisa mengerjakan soal secara maksimal. Just Relax.. Do it.. focus.. Itu mungkin beberapa hal yang ane lakukan untuk bisa membangkitkan percaya diri.

Mungkin ini sedikit yang bisa ane bagi, semoga bermanfaat ya..🙂

2 Komentar to “Yeah, Finally I Passed AcEPT MSR”

  1. selamat bro. sukses selalu. cepat atau lambat, aku juga akan melewati ujian bahasa inggris. thanks infonya🙂

    Suka

  2. Makasih bro… semoga dirimu juga segera melewati ujian bahasa inggrisnya dengan sukses..🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

