Profil

Name : Maksum Ro’is Adin Saf
e-Mail : Ma3shum@gmail.com | maksum@pcr.ac.id
Contact : 081365481337 (WhatsApp, Line, Kakao Talk, We Chat, etc.)
BBM PIN : 790C46DE
Twitter : @Ma3shum
Facebook : www.facebook.com/ma3shum
Spouse : Nora Fitriyani
Children : Ahnaf Faiza Mumtaz
Office Adrress : Ruang 327, Prodi Teknik Informatika, Politeknik Caltex Riau, Jl. Umbansari No.01, Rumbai, Pekanbaru.

 

Life Story…

November 2015, tepatnya tanggal 7 November 2015 pukul 15:05 WIB resmi menjadi seorang ayah dengan lahirnya putra pertama yang diberi nama Ahnaf Faiza Mumtaz, Lahir dengan persalinan Normal di Annisa Medika 2 dengan Berat Badan : 4.1 KG dan Panjang : 51 CM. Semoga menjadi anak yang sholih, berbakti dan bermanfaat bagi ummat.

bi

Bersama dr. Ferbri yang membantu persalinan, saya botak? you know why..😀

Februari 2015, pulang kampung ke Bumi Lancang Kuning (baca: Riau) dan bergabung sebagai salah satu pengajar di Politeknik Caltex Riau, tepatnya di Program Studi Teknik Informatika.

Kembali ke Riau dan berkarya di dunia pendidikan memang sudah menjadi rencana sejak awal terutama sejak memutuskan untuk melanjutkan study S2, walaupun saat berkecimpung di dunia industri sempat tergoda dan hampir saja meneruskan berkarya di dunia itu, tapi Alhamdulillah jalan untuk menuju cita-cita dibukakan Oleh Allah. Semoga Berkah dan berlanjut hingga tua… aamiin

FG 2015

Di PCR Aku Bahagia…😀

Oya, Pendidikan Pascasarjana saya Alhamdulillah selesai tepat 2 tahun sesuai masa studi normal, dengan judul tesis “Arsitektur Sistem Rekam Medis Berbasis Ontologi Terkait Aspek Hukum di Indonesia“, dan akhirnya cita-cita saya untuk wisuda dengan didampingi oleh pendamping yang halal tercapai, karena saya menikah pada 24 Oktober 2014.

w11

Asyiik, Wisuda didampingi istriiii…😀

Akhir 2013, bergabung di PT. Andrawina Darma Manunggal Mulya (ADMM), sebuah perusahaan Mitra Unilever Indonesia yang bergerak dibidang distribusi Walls Ice Cream  untuk wilayah DIY dan sebagian wilayah Jateng. di Andrawina awalnya menempati posisi sebagai Tabulator Data, kemudian diangkat menjadi Asisten Direktur Bidang Manajemen Data dan Renstra IT.

Sangat banyak pengalaman yang diperoleh disini, mulai dari pengalaman yang bersifat teknis karena sering turun langsung ke lapangan, hingga pengalaman yang bersifat managerial karena berdiskusi langsung dengan para Stakeholder baik dari Andrawina sendiri maupun dari perusahaan-perusahaan mitra Andrawina.

Yang pasti, di sini sudah puas makan Eskrim..😀 semua jenis dan semua rasa.. pengalaman indah yang tak terlupakan.

IMG_20140812_093126

Kerjaannya jalan-jalan dan makan eskrim.. # Eh

Mendaftar di Magister Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada pada Oktober 2012, mengikuti rangkaian seleksi hingga dinyatakan Lulus tanpa martikulasi dengan catatan harus memperbaiki skor AcEPT, dan memulai menikmati bangku perkuliahan sejak Februari 2013 hingga saat ini.

Disela-sela jadwal kuliah memanfaatkan waktu dengan terus mengajar di SMPIT Baitussalam Prambanan yang sudah bergabung sejak masa-masa akhir kuliah di Amikom. Di Baitussalam mengampu mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Nahwu, Shorof, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan pelajaran yang pernah diajarkan.

kantor

Kelakuannya kalau lagi break ngajar..😀

Selain itu juga terus menjalankan Indosion Software House yang mengerjakan berbagai pesanan aplikasi dari seluruh wilayah di Indonesia.

Tahun 2009 memutuskan untuk menambah bekal dibindang teknologi dengan meneruskan pendidikan di jurusan Teknik Informatika STMIK Amikom Yogjakarta dan lulus pada 25 September 2012 dengan predikat “Wisudawan Terbaik Jurusan Teknik Informatika Wisuda ke-44″.

Selama menjadi mahasiswa aktif di beberapa organisasi diantaranya : Ketua Komisi Advokasi Senat Mahasiswa, Ikatan Mahasiswa Amikom Riau-Kepri (IKAMARI), Forum Senator Kelas (Forseka), TAMAM (Arabic Amikom Comunity),  Himpunan Mahasiswa Jurusan TI (HMJTI), Unit Kerohanian Islam Jahtish, Amikom English Club (AEC), Amikom Computer Club (AMCC), Amikom Taekwondo dan beberapa lainnya.

Selain itu juga aktif mengikuti berbagai seminar dan pelatihan yang ada di lingkungan kampus, diantaranya : Entrepreneur Campus (EC), dan lain – lain.

Tak hanya itu, semasa kuliah di Amikom banyak berkecimpung di dunia bisnis diantaranya : Jualan Dawet “Batik”, Jualan Pisang Kipas Pedas, keduanya dilakukan pada event Entrepreneur Day Amikom. Pernah bergabung di Erpe Merchandise yang bergerak di bidang Pembuatan Pin, Pernah menjadi Distirbutor Wilayah Sumatera Smart Card yang di produksi oleh Grha Smart Education Jogja, Pernah membuka Tera Computer sales and Service bersama teman-teman, dan beberapa bisnis baik online maupun offline.

Sedikit kisah, pada semester 2 perkuliahan sempat berfikiran untuk pindah jurusan, karena merasa jenuh dengan pelajaran di kampus yang dipenuhi angka..😀 bayangin aja, setelah bertahun2 berkecimpung dengan tulisan arab gundul dan kawan-kawan sekarang berasih ke kalkulus dan kawan – kawan..😀 tapi setelah memantapkan diri dan memperbaiki proses, alhamdulillah Allah memberikan hasil yang lebih dari yang di harapkan, dulu targetnya ingin lulus dengan nilai cumlaude bukti bisa mengikuti pelajaran, eh diberi lebih sama Allah.. Alhamdulillah…

 

Wisuda S1

Wisuda S1

Selesai menyelesaikan pendidikan di Gontor melengkapi bekal dengan mengabdi di Pondok Modern Gontor 6 “Darul Qiyam” Magelang sebagai tenaga pengajar. Bahasa Inggris (kelas 1), Nahwu (kelas 3 Int), Mahfudzot (kelas 5), dan beberapa materi lain pernah diampu. Selain sebagai pengajar selama pengabdian juga menempati beberapa lembaga diantaranya Staff Bagian Pembimbing Bahasa Gontor 6, Staff Sekretaris Pengasuh Gontor 6Koresponden dan Penanggungjawab Majalah Gontor, Ketua Panitia Ujian Awal Tahun dan beberapa lainnya.

Panitia Ujian

Ketika jadi Ketua Panitia Ujian Awal Tahun Gontor 6 – 2008

Selepas pendidikan menengah dasar, memutuskan untuk masuk ke kawah candra dimuko yang lebih matang lagi tepatnya di ITTC/KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo (Lulus : 2008). Mengawali dari kelas 1 intensif E, karena kurang fit ketika diadakan placement test akhirnya pindah ke kelas I Intensif J, tanpa mengeluh terus belajar membuktikan diri sehingga tahun berikutnya naik ke kelas 3 Intensif B, naik ke kelas 5C dan berakhir di kelas 6D, semua dilalui di Gontor 1 Ponorogo.

Pendidikan organisasi ala Gontor turut membentuk kepribadian, diantaranya : Ketua Kelas 1 Int J dan kelas 3 Int B, bendahara Aneka Ria Nusantara, Bendahara Panitia Lomba Pidato Antar Zone, Ketua Panitia Perpulangan Akhir Tahun Konsulat Riau, Ketua Rayon Saudi 3 Lantai 1, Panitia Pelaksanaan Kurban, Ketua Keamanan Mukim Liburan Pertengahan Tahun, Ketua Koordinasi Ketua Rayon Se Darussalam, Ketua Panitia Pergantian Pengurus OPPM, Ketua Panitia Bulan Ramadhan, Bagian Keamanan Pusat OPPM, Bagian Pengajaran OPPM, Founder dan Pembimbing Marvel.

Kegiatan ekstrakurikuler juga mewarnai pendidikan di Gontor, diantaranya : Persatuan Bela Diri Darussalam (PERBEDA), Isthithla’ Arabic Course, Pasus Gudep 15089-09 Panther Team, Handycraft course, Kursus Mahir Tingkat Dasar dan Tingkat Lanjut (KMD/KML).

Amn Mukim

Ketua Amn Mukimin, Kelas 5

Untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik, orang tua mengirim ke ibukota kabupaten untuk melanjutkan pendidikan menengah tingkat pertama, tepatnya di Mts YPI Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang (PPDN-TB) (Lulus : 2004). Yang merupakan Pondok Pesantren tertua di Riau. Tradisi langganan juara kelas dan langganan menjadi ketua kelas masih berlanjut di sini, bahkan tercatat beberapa kali meraih juara umum.

Tidak hanya dibidang akademik, tapi juga aktif di berbagai organisasi, diantaranya pernah menjadi Sekretaris Umum PSDKR (Persatuan Santri Daarun Nahdhah Kabupaten Rokan Hulu). Selain itu juga melengkapi pendidikannya dengan beberapa pendidikan pendukung, diantaranya : Sekolah Sepak Bola (SSB) Bina Remaja Bangkinang, Lembaga Bahasa Asing (LBA) Bangkinang, Wahana Prima Komputer Bangkinang.  4 tahun di tempa di kota Bangkinang sampai tahun 2004.

Kelas 1

Photo Ketika kelas 1 MTs Di Daarun Nahdhah

Pendidikan Dasar kutempuh di SDN 028 Rawa Makmur. Karena kedua orang tua adalah guru maka pola belajar sangat disiplin baik dirumah maupun disekolah, sehingga tak heran jika selama duduk di bangku sekolah dasar menjadi langganan juara kelas sekaligus ketua kelas. Selain itu setiap sore mendalami pendidikan keagamaan di MDA Manba’ul Huda. Lulus sekolah dasar tahun 2000.

Maksum

Ketika Kecil sering ikut ibu dalam berbagai event

Terlahir dengan nama Ma’shum Rois Addin Saf tetapi karena beberapa kesalahan teknis namaku tertulis Maksum Ro’is Adin Saf didalam Ijazah dan akte kelahiranku, tapi itu semua tidak mengurangi doa dan harapan orang tuaku yang terkandung didalam namaku, aku dilahirkan di sebuah desa kecil di Sragen Jawa Tengah pada 15 Oktober 1988, dan pada usia yang relatif muda (tepatnya 5 x 40 hari) aku ikut orang tuaku hijrah ke pulau sumatera tepatnya di Riau, disinilah aku dibesarkan dan sinilah kepribdianku dibentuk.

balita

Ketika Berusia 2 Tahun

%d blogger menyukai ini: